Workshop Penyusunan Perangkat Ujian Sekolah T.P. 2020-2021

Workshop Penyusunan Perangkat Ujian Sekolah T.P. 2020-2021

Jumat, 12 Maret 2021, para guru mapel SMA Kristen 2 (Binaan Khusus) Tomohon terkumpul di Hotel Grand Luley Manado untuk melaksanakan kegiatan workshop terkait penyiapan perangkat ujian sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjawab kesiapan sekolah terhadap penyelenggaraan ujian sekolah yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Dra. Christiana H. Pojoh, M.Pd., selaku pengawas bina, menjadi pemateri dalam kegiatan ini. Beliau membimbing para guru untuk bagaimana membuat/menyusun soal yang baik dan berkualitas serta menerapkan HOTS. Selanjutnya, ibu Conny mengingatkan juga kepada peserta untuk senantiasa mengembangkan potensi diri dengan terus menerus belajar dan menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran, bagaimanapun kondisi yang sementara dihadapi.

Terundang juga untuk membawakan materi yaitu Kepala Cabang Dinas Tomohon-Minahasa, Bapak Drs. Jois Rumengan. Dalam materinya, beliau menjabarkan mengenai rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah dalam pelaksanaan ujian sekolah ini. Setiap sekolah penyelenggara ujian sekolah harus mematuhi petunjuk teknis yang sudah diturunkan dan menyampaikan laporan jalannya ujian sekolah kepada dinas pendidikan daerah melalui cabang dinas terkait. Dalam penyampaiannya, Pak Rumengan juga menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah, baik dari pemerintah pusat (kementerian) maupun dari dinas pendidikan daerah Sulawesi Utara. Beliau pun tak lupa memberikan penguatan kepada para guru untuk tetap semangat dalam mengemban tugas di masa Pandemi Covid-19 ini. Mengakhiri perjumpaannya dengan kami, diadakan sesi foto bersama peserta dan para narasumber.

Kegiatan berlanjut dengan penugasan mandiri kepada guru mata pelajaran dengan memanfaatkan kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kegiatan ini berlangsung hingga malam hari, bahkan setelah makan malam pun semua guru masih terlihat bersemangat untuk melanjutkan dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

Keesokan harinya, Sabtu 13 Maret 2021, kegiatan diisi dengan pengumpulan tugas mandiri dari setiap mata pelajaran dan kemudian diikuti dengan acara penutupan kegiatan workshop. 

 

Foto Dokumentasi Kegiatan

Share